Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pembentukan Pojok Baca di SDN 15 Gantung
Abstrak
Gerakan literasi sekolah merupakan suatu usaha atau kegiatan yang bersifat partisipatif dengan melibatkan warga sekolah (peserta didik, guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan, pengawas sekolah, Komite Sekolah, orang tua/wali murid peserta didik), akademisi, penerbit, media massa, masyarakat (tokoh masyarakat yang dapat merepresentasikan keteladanan, dunia usaha, dll.), dan pemangku kepentingan di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pojok baca adalah sebuah sudut baca di kelas yang dilengkapi dengan koleksi buku yang ditata secara menarik untuk menumbuhkan minat baca siswa. Berdasarkan hasil observasi dilapangan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-MB IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung tahun 2024 kelompok 07 Jangkar Asam di SDN 15 Gantung Kurangnya pengetahuan dalam memahami bahasa Indonesia Adakalanya membaca terasa lebih mudah apabila seorang murid leluasa dalam memahami bahasa Indonesia.faktor permasalahan dari keterlambatan membaca anak-anak SDN 15 Gantung di dukung dengan anak-anak yang masih buta bahkan dengan bahasa Indonesia itu sendiri, sehinga masalah ini menjadikan mereka lebih sulit dalam mengenal kalimat bahkan seperti meja,kursi,tikar, alangkah,mengayuh, dan lain-lain sebagainya. Maka pojok baca menjadi inovasi serta solusi yang ditawarkan untuk membantu peserta didik yang mengalami keterlambatan dalam membaca. Pihak sekolah merespon sangat baik dan mendukung penuh serta mau bekerja sama dalam proses pembuatan pojok baca sehingga pembuatannya dapat diselesaikan dengan baik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
- All articles published in Al Quwwah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license. This means anyone is free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided they give appropriate attribution to the original author(s) and Al Quwwah, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Al Quwwah to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Although the conditions of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license do not apply to authors (as the copyright holder of your article, you have no restrictions on your rights), by submitting to Al Quwwah, authors recognize the rights of readers and must grant any third party the right to use their articles to the extent provided by the license.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.