Implementasi Pojok Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SDN 5 Kelapa
Abstrak
Seiring dengan pekembangan zaman yang semakin canggih membaca menjadi hal yang penting, kegiatan membaca memiliki banyak makna dalam kehidupan manusia karena dengan membaca seseorang bisa memahami hingga menerapkan suatu hal. Membaca merupakan proses penyerapan ilmu melalui suatu bacaan atau tulisan. Namun berdasarkan observasi dan diskusi bersama masyarakat ditemukan fakta bahwa masih adanya keterbatasan siswa siswi dalam mengakses buku-buku bacaan yang bervariasi dan edukatif di SDN 5 Kelapa, kecamatan kelapa, kabupaten Bangka Barat kepuauan Bangka belitung. Hal ini berpotensi menghambat perkembangan literasi mereka, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi prestasi akademis dan perkembangan kognitif secara umum. Oleh sebab itu melalui program pengabdian masyarakat mahasiswa KKN IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung tahun 2024 kelompok 09 membuat pojok literasi sebagai upaya untuk menumbuhkan minat baca siswa siswi sekolah dasar. Pojok literasi merupakan salah satu langkah dalam menumbuhkan minat baca di jenjang SD, yang berfungsi sebagai penyedia bahan bacaan, ilmu pengetahuan serta informasi bagi peserta didik. Dengan memanfaatan sudut ruang yang di hias dengan menarik untuk dijadikan sebagai tempat koleksi buku. Pojok literasi ini diharapkan dapat merangsang peserta didik untuk lebih gemar membaca dan melakukan aktivitas lain yang dapat mengembangkan potensi dan daya pikir mereka. Tujuannya untuk membudayakan minat serta kebiasaan membudayakan minat serta kebiasaan membaca khususnya melalui buku dengan pendekatan visual. Berdasarkan hasil implementasi pojok literasi di SDN 5 Kelapa ini menunjukkan bahwa program pojok literasi efektif digunakan dalam meningkatkan minat baca siswa. Antusiasme pihak sekolah dan siswa dalam proses pembuatan pojok literasi sehingga memotivasi untuk pembuatan pojok literasi di setiap ruang kelas.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
- All articles published in Al Quwwah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license. This means anyone is free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided they give appropriate attribution to the original author(s) and Al Quwwah, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Al Quwwah to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Although the conditions of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license do not apply to authors (as the copyright holder of your article, you have no restrictions on your rights), by submitting to Al Quwwah, authors recognize the rights of readers and must grant any third party the right to use their articles to the extent provided by the license.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.