Muhammad Abduh
Abstract
Muhammad Abduh adalah salah satu tokoh pembaharuan pemikiran pendidikan agama Islam, di Mesir. Muhammad Abduh menuangkan ide pemikiran serta pembaharuannya di ranah pendidikan, dan ranah sosial keagamaan. Muhammad Abduh dilahirkan dari keluarga petani pada tahun 1849 yang bertepatan dengan jatuhnya pemerintahan Muhammad Ali. Abduh menimba ilmu di Al-Azhar, dan sebelumnya itu ia menempuh di Tanta. Kritik beliau dalam pendidikan yang pertama ialah, ia merasa bahwa pendidikan pada saat itu yang sangat tidak mendukung pemahaman dalam mempelajarinya. Terutma dalam hal pembelajaran bahasa Arab. Ia memiliki keinginan dalam memperbaiki uslub bahasa Arab baik itu media tulis pembelajaran bahasa Arab maupun dalam pembicaraan resmi negara. Ia melihat bahwa pendidikan umat Islam pada masa itu sangat-sangat mengalami pemunduran dikarenakan pola pikir para umat Islam yang hanya terpaku dengan masa lalu, berpikir jumud serta statis karena mereka tidak menggunakan akal yang diberikan oleh Allah Swt. kepada mereka. Abduh juga menggagas kurikulum yang integral. Sistem pendidikan yang diperjuangkan Muhammad ‘Abduh adalah sistem pendidikan fungsional yang bukan impor, yang mencakup pendidikan universal bagi semua anak, laki-laki maupun perempuan. Kurikulum yang mampu menjadikan pendidikan agar tidak monoton dan mampu memberikan perubahan.