Pengaruh Konseling Individual Dalam Mengatasi Masalah Manajemen Waktu Peserta Didik
Abstract
Manajemen waktu peserta didik kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah Toboali masih menjadi permasalahan, dimana dapat diketahui bahwa peserta didik kelas XI IPS kurang manajemen waktu dengan baik. Adapun ciri-ciri rendahnya manajemen waktu yang terjadi di kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Toboali yaitu peserta didik datang ke sekolah tidak tepat waktu, dan tidak menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Salah satu cara untuk mengatasi masalah manajemen waktu peserta didik kelas XI IPS yaitu dengan konseling individual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konseling individual dalam mengatasi masalah manajemen waktu peserta didik kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah Toboali.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 peserta didik yang terdiri dari 10 kelas eksperimen dan 10 kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yaitu uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Samples T Test.
Hasil uji hipotesis yang menggunakan bantuan software SPSS 24 diperoleh Sig < α yaitu 0,002 < dari 0,05. Artinya terdapat pengaruh H1 diterima dan H0 ditolak sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam mengatasi masalah manajemen waktu peserta didik kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah Toboali.